0

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Posted by Ratu mefi on 21.16 in
Penderitaan
Penderitaan adalah sesuatu yang tidak menyenangkan yang dapat dirasakan oleh manusia. Suatu penderitaan dapat dirasakan oleh orang yang sedang tertimpa musibah. Itulah penderitaan bagi orang tersebut dan orang lain tidak mendapatkan penderitaan itu, tetapi hanya orang yang tertimpa musibahlah yang mendapatkan penderitaan tersebut. Penderitaan juga di alami bagi orang yang kurang mampu dan serba kekurangan dalam segala hal, mereka sangat menderita karena serba kekurangan, dalam hal ekonomi, pendidikan dll. Di indonesia ini, karena banyaknya penghuni di ibu kota jakarta ini sehingga semakin sempit lah tempat untuk mereka tinggal dan makin sedikit lah lapangan kerja bagi mereka. Itulah salah satu penderitaan yang dapat dirasakan oleh manusia. Masih banyak hal lain yang menyangkut dalam hal penderitaan. Tetapi hanya inilah yang dapat saya contohkan.

Siksaan
Siksaan dapat diartikan kekerasan yang dilakukan oleh orang pertama dengan orang kedua tanpa adanya alasan maupun tidak, orang pertama dengan sengaja memukul orang kedua dengan bertubi-tubi tanpa adanya tindakan membalas oleh orang kedua. Biasanya hal seperti itu dilakukan karena mental dan jiwa atau pikiran orang tersebut sedang kalut atau depresi karna sesuatu hal. Dari pikiran dan jiwa yang kalut dan depresi itu menimbulkan emosional, sehingga orang tersebut dengan reflek melakukan kerkerasan dan menyiksa orang lain. Dan ada juga orang yang memang gemar atau suka menyiksa orang lain karena kerusakan salah satu saraf otaknya, dan mungkin yang ia lakukan itu baik, tetapi tidak untuk orang lain.


3. Jenis Siksaan Secara Psikhis

a. Kebimbangan
manusia dapat merasakan kebimbangan jika dalam posisi yang tidak mengenakan dalam dirinya. Hal itulah yang membuat dirinya bimbang untuk memilih dan kebimbangan tersebut juga dapat menyiksa jiwanya sendiri jika ia tidak bisa mengatasi kebimbangan tersebut.
b. Kesepian
Biasanya manusia merasakan kesepian jika ditinggal pergi oleh orang yang dicintainya dalam jangka waktu yang lama dan juga untuk selamanya. Karena itu manusia merasakan kehilangan dari sosok orang yang di cintainya tersebut. Jika manusia itu tidak bisa membiasakan diri, maka manusia tersebut bisa mengalami depresi jiwa dan dalam jangka lanjut dapat menggangu kejiwaannya.
c. Ketakutan
ketakutan adalah sesuatu hal yang membuat manusia tidak ingin melihat, melakukan, maupun mendengar hal itu. Misal, seorang anak yang mengerjakan sesuatu tetapi di bantah oleh orang tuanya untuk tidak melakukan hal tersebut, orang tuanya pun memarahinya habis – habisan sehingga anak itu pun menangis dan Mendapatkan siksaan batin pada dirinya. akhirnya itupun takut untuk melakukan sesuatu yang ia ingin lakukan dikarenakan takut dimarahi lagi oleh orang tuanya. Ketakutan juga dapat mengganggu jiwa seseorang, yang tadinya manusia itu waras, sehingga karena ketakutannya yang mendalam manusia itu menjadi tidak waras atau gila. Hal tersebut juga masih bisa disembuhkan dengan metode teraphy.
d. Kekalutan Mental
Kekalutan mental ialah beban atau penderitaan mendalam yang di alami oleh manusia sehingga manusia itu merasa tertekan. Contoh adalah seorang direktur yang menangani sebuah perusahaan besar, ia harus membuat proyek untuk memajukan perusahaanya, demi memajukan perusahaannya tersebut ia membuat proyek dari hari kehari, tetapi ia belum menemukan ide yang tepat bagi perusahaanya tersebut, dalam hari kehari ia pun pusing membuat proyek tersebut sehingga tidak dapat mengontrol pikirannya. Hal ini juga dapat membuat orang menderita kekalutan mental. Dan kekalutan mental dapat membuat manusia kehilangan akal dan pikirannya.

Gejala – gejala bagi orang yang mengalami kekalutan mental:
1. Sakit kepala yang bertubi – tubi menghampiri secara tiba – tiba.
2. Rasa cemas, ketakutan, dan emosi menghampiri.

Tahap – tahap gangguan kejiwaan antara lain:
1. sering berhalusinasi : menganggap hal yang tidak ada seolah menjadi nyata.
2. Selalu dihantui ketakutan.
3. Berbicara sendiri.

Sebab – sebab timbulnya kekalutan mental:
1. terlalu over dalam mengerjakan sesuatu, sehingga dapat melemahkan pikirannya maupun jasmaninya
2. adanya konflik atau sebuah masalah sehingga membuat dirinya takut dan batinnya tersiksa.

Proses – proses gangguan mental yang dialami manusia:
1. Pikiran orang tersebut melemah
2. rasa takut dan cemas datang menghampiri
3. sering berhalusinasi

dan hal – hal lainnya yang dapat membuat dirinya merasa tertekan:
Study Kasus : dari rangkuman diatas dapat disimpulkan bahwa kerjakan sesuatu dengan baik dan dengan akal pikiran yang sehat, sehingga pekerjaan akan lebih ringan dikerjakan.
Saya bisa ambil contoh dari daerah yang pernah saya kunjungi yaitu saya melihat perilaku orang yang tidak waras hingga dapat berkeliaran tanpa memakai busana sama sekali. Hal itu merukapan contoh jika seorang manusia benar – benar tidak dapat atau tidak mampu menguasai pikaranya sendiri sehingga, pikiran manusia tersebut hilang tak terkontrol dan berakibat pada kondisi kejiwaanya sendiri.
Dan mungkin hanya ini yang saya bisa deskkripsikan mengenai manusia dan penderitaan.

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 ♚ Ratu Mefi All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.